Selasa, 05 Juni 2012

Contoh Iklan Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Oleh Fanny Mayangsari - Mahasiswi Fikom UNISBA 
5 Juni 2012 - pkl. 18.30 WIB

1. Nasional Advertising

 (versi iklan POND’S cakupan internasional)

1.      Iklan pruduk POND’S mempunyai ruang lingkup nasional dan umum.
2.      POND’S mempunyai sasaran masyarakat yang menjadi pembeli potensial yang di jual di took.
3.      Harga produk POND’S disamping ini tidak di cantumkan, karena sifatnya nasional, sedangkan harga di beberapa daerah ada yang berbeda apalagi apabila daerahnya luar pulau jawa.
4.      Kelebihan iklan POND’S yang di siarkan lewat media televise adalah iklannya yang berseri jadi membuat penasaran para penonton televisi.
5.      Kekurangannya dari tayangan seri yang bercerita, setiap orang belum tentu menyimak seluruh sambungan seri iklannya. Dan memperlambat penjualan produk karena iklannya yang tidak langsung pada point inti penjualan pruduk.
6.      Iklan POND’S disamping ini saya lihat di televisi swasta nasional TRANS TV. Gambar yang saya ambil bersumber dari iklan internet.

2. Retail Advertising

1.      Deterjen Rinso sengaja mencantumkan harga jual pruduknya pada masyarakat yang menjadi konsumen. Tujuannya untuk mencapai pembeli potensial di toko tertentu.
2.      Untuk mendapatkan pembeli potensial produk sengaja di beritahukan harganya. Apalagi bila di cantumkan kata ’promo’, ’harga ekonomis’ dll.
3.      Rinso sudah dikenal banyak orang, tidak sulit untuk mencapai goals dalam penjualan, karena Rinso sudah berhasil membentuk citranya ditambah lagi dengan ditayangkannya iklan di media televise setiap rinso mempunyai varian baru, harga, dan kemasan baru. Sasaran utama iklan ini adalah ibu rumah tangga. Karena seseorang akan lebih menyukai harga barang yang bermerek serta lebih ekonomis, apalagi bila harga ekonomisnya sudah tercantum di iklan, prudok akan cepat laku.
4.      Kekurangannya iklannya yang kurang menarik dan terhitung standar untuk sebuah iklan komersial deterjen.
5.      Iklan Rinso ini saya lihat di televisi swasta nasional TRANS7. Dan gambar iklannya saya dapatkan di iklan internet.

3. Main Order



  1. Produk HAPPY CALL yang dikeluarkan oleh DIMARCO merupakan contoh iklan main order karena cara pembeliannya ‘by phone’.
  2. Bagi pembeli produk HAPPY CALL, pembelian bisa menggunakan kartu kredit. Dan konsumen yang membeli produk HAPPY CALL barangnya akan dikirim langsung ke alamat yang membeli.
  3. Kelebihan iklannya, iklannya sangat mengasikkan untuk di simak, karena iklannya langsung memperlihatkan bagaimana cara pembuatan, cara pemakaian, hingga nikmatnya makanan sesudah memasak menggunakan HAPPY CALL. Dan talent iklannya adalah artis-artis papan atas (Happy Salma)
  4. Kekurangannya adalah iklannya hanya ada di tv-tv local belum sampai ke nasional.
  5. Iklan HAPPY CALL saya lihat di tv lokal Bandung STV. Gambar diatas bersumber dari iklan di internet.
4. Trade Advertising

1.   Dikaskus terdapat iklan penawaran pembelian Rokok Elektrik 50 pak sekaligus. ini bertujuan untuk jual beli kembali.
2.   Kelebihan iklannya adalah to the point. Iklannya juga mencantumkan harga yang lebih murah apabila membeli lebih dari 5 pak Rokok Elektrik. Dari terteranya penjelasan harga yang lebih murah, Para pembeli akan cepat tertarik dengan iklannya. Ini salah satu strategi persaingan bisnis.
3.   Kekurangannya adalah iklan kurang dipublikasikannya secara meluas, jadi pembeli hanya sebatas kaskuser atau orang yang melakukan perbelanjaan via internet.
4.   Sumber iklan dari media internet.

5. Industrial Advertising

1.      Iklan ini merupakan iklan yang ditujukan untuk keperluan perusahaan, yaitu perusahaan di bidang property.
2.      Kelebihan iklan buku bacaan  ini adalah kata-kata pada cover bukunya yang secara tidak langsung menyatakan bahwa membeli banyak property itu mudah hanya dengan strategi yang ada pada buku itu. Kelebihan lainnya adalah apabila kita membeli buku ini kita bisa mendapatkan undian seharga Rp. 1juta.
3.      Sumber dari internet.






6. Profesional Advertising















  1. Gambar diatas merupakan iklan alat kedokteran. Dan sasaran periklanan ini adalah seseorang yang mempunyai profesi di bidang kedokteran.
  2. Kelebihan iklan ini adalah pada gambar kanan dijelaskan bahwa ini adalah barang keluaran baru, sehingga membuat antusiasme orang yang berprofesi sebagai dokter (khususnya dokter umum) ingin tahu kelebihan dari barang ini di banding dengan barang sejenis yang keluaran lama.
  3. Kekurangannya adalah media periklanannya hanya lewat internet. Dan pada penjelasan iklannya tidak terdapat harga barang.
  4. foto diatas saya dapat dari iklan di internet.
  7. Non Product Advertising

 
1.      Iklan diatas merupakan contoh ikan yang berhubungan dengan kepentingan umum. Iklan ini dibuat bukan hanya untuk kepentingan pribadi dan menyangkut beberapa orang saja, tapi seluruh masyarakat Indonesia.
2.      Tujuan dari iklan diatas adalah untuk menyadarkan rakyat Indonesia dan merubah prilaku yang tadinya buruk menjadi lebih baik dengan himbauan-himbauan dalam iklan.
3.      Kelebihan iklan diatas adalah sisi fotografinya (sebelah kiri). Foto tersebut membuat miris dan merinding setiap orang yang melihatnya. Foto tersebut menimbulkan kesadaran bahwa dengan mengemudi yang baik kita akan terhindar dari kecelakaan.
4.      kekrangannya bisa dilihat dari iklan sebelah kanan. Pemilihan kata-kata sudah tepat dan membuat sadar para pembacanya, tapi gambarnya kurang menarik untuk di lihat dan menjadi pusat perhatian.
5.      Iklan tersebut saya dapatkan mealui media internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.